Minggu, 10 Agustus 2014

Tematik: Indahnya Kebersamaan Hari ke-1

Tahun ajaran ini (2014-2015) Kurikulum 2013 mulai digunakan di seluruh Indonesia. Senangnya karena murid-murid bisa mempelajari materi secara utuh (holistik), tidak terkotak-kotak seperti zamanku. Mereka bisa belajar secara menyenangkan. 
Tema pertama di kelas 4 ini adalah Indahnya Kebersamaan. Pada pembelajaran pertama, mereka akan belajar tentang keanekaragaman budaya di Indonesia yang meskipun berbeda tetapi selalu dijaga supaya tetap harmonis. 
Meskipun banyak kendala di dalam dan di luar negeri yang mengancam persatuan dan kesatuan, murid-murid kita harus tetap diajarkan bahwa kebhinekaan (keanekaragaman) di Indonesia tidak menghalangi terciptanya persatuan. Bahkan keanekaragaman itu dapat bersinergi membentuk keharmonisan. Dan sikap yang diperlukan agar Indonesia tetap bersatu dan harmonis adalah saling mengenal dan menghargai. 
Pertama kali kita harus saling mengenal. Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang. Logikanya jika kita telah mengenal suatu hal, misalkan adat dan kebiasaan suatu masyarakat, maka kita akan tahu keistimewaan dan kekurangan pada masyarakat tersebut. Setelah itu, kita dapat menentukan sikap dan posisi kita dalam upaya menghargai mereka. Bahkan dalam uapaya untuk saling menolong. Contohnya saat kita melakukan upacara bendera. Pasukan pengibar di Istana Negara merupakan murid-murid terpilih dari berbagai daerah. Masing-masing mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, mereka tetap kompak dalam menjalankan tugasnya mengibarkan bendera. Apa kuncinya? Saling menghargai dan fisik yang terlatih.
Adapun budaya masyarakat yang bermacam-macam tercermin dalam berbagai hal. Mulai dari yang nampak atau fisik seperti pakaian adat, rumah adat, tarian daerah, bahasa daerah, alat musik hingga yang tidak nampak atau non fisik seperti nilai-nilai, kebiasaan, dan hukum adat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar